Pengaruh Pemberian Black Garlic terhadap Perubahan Kolesterol pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe II di PUSKESMAS Segiri Samarinda

  • achmad jaya saputra universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • annaas budi setyawan
Keywords: black garlic, diabetes, kolesterol

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian black garlic terhadap kolesterol pada pasien diabetes mellitus tipe II di Puskesmas Segiri Samarinda.

Metodologi: Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan Pre-Post Test One Group tanpa kelompokl kontrol. Populasi penelitian 28 responden dan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan hasil 15 responden. Instrumen yang dipakai adalah alat digital kolesterol dan fungsi pengarahn uji statistik menggunakan Paired T Test.

Hasil: Hasil penelitian pengaruh black garlic terhadap kolesterol didapatkan hasil uji statistik yang signifikan yaitu P value = 0.000 α <0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kolesterol sebelum dan sesudah pemberian black garlic pada pasien diabetes mellitus tipe II di Puskesmas Segiri Samarinda.

Manfaat: Penelitian ini sumbangan ilmiah bagi perkembangan ilmu keperawatan, terutama yang berhubungan dengan variabel pemberian black garlic terhadap penurunan kadar kolesterol  pada pasien diabetes tipe II.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-04