Pengaruh Penggunaan Media Sosial (Tik Tok Shop) Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Wanita Bekerja
DOI:
https://doi.org/10.30650/ijps.v1i1.3698Keywords:
media sosial, aplikasi tiktok, konsumtifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial (TikTok shop) terhadap perilaku konsumtif pada wanita kerja. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan alat ukur skala media sosial dan skala perilaku konsumtif. Populasi pada penelitian ini adalah wanita kerja yang memiliki aplikasi TikTok, sudah pernah berbelanja melalui TikTok shop dan belum menikah yang berjumlah 100 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa besarnya pengaruh media sosial (TikTok shop) terhadap perilaku konsumtif yaitu 63,4% dengan nilai F 169.533 dan nilai signifikan 0,000. Kesimpulan pada penelitian yaitu terdapat pengaruh antara media sosial (TikTok shop) terhadap perilaku konsumtif pada wanita kerja.