PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DAERAH 3T (TERDEPAN, TERPENCIL DAN TERTINGGAL) DI KABUPATEN MAHAKAM HULU

Authors

  • Muhammad Tommy Fimi Putera Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI KALTIM, Indonesia
  • Margaretha Lasni Rhussary Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan PGRI KALTIM, Indonesia

Keywords:

Mutu Pendidikan, Forum, Wilayah

Abstract

Daerah Terdepan, Terpencil dan Tertinggal merupakan daerah yang paling terluar pada wilayah Indonesia, pada dasarnya ada 122 wilayah di Indonesia yang masuk dalam wilayah 3T salah satunya adalah Kabupaten Mahakam Hulu Provinsi Kalimantan Timur.

Dalam daerah studi Ibu Kota Kabupaten Mahakam Hulu yaitu Ujoh Bilang, permasalahan yang terjadi ialah sangat jauh kepedalaman hutan Kalimantan dan cukup terisolir hanya dapat melalui jalur sungai karena belum ada jalur darat yang layak. Sistem pendidikan yang rata-rata masih minim, infrastruktur sekedarnya, minimnya jumlah tenaga pendidik yang memadai dan juga kualitas guru yang masih rata-rata lulusan sekolah menengah keatas atau sederajat, sehingga untuk tenaga terdidik khususnya sarjana pendidikan masih sangat minim.

Penelitian ini menggunakan metodelogi Research and Development (R&D). Dalam Objek penelitian ini ialah pembentukan dan penerapan Forum Komunitas Guru (FKG 3T) terhadap pengajaran pada beberapa sekolah dalam studi penelitian. Selama penelitian berlangsung metode pembelajaran yang dilaksanakan berdeda pada tiap masing-masing sekolah seperti SDN 001 Ujoh Bilang metode normative, SMPN 001 Ujoh Bilang metode deskriptif dan SMUN 001 Ujoh Bilang metode hermeneutis. Hasil yang diperoleh ialah meningkatnya kualitas pendidikan dalam waktu ke waktu khususnya dalam pencapaian nilai cukup baik pada beberapa mata pelajaran di sekolah dan dapat menjadi solusi dalam mengatasi kesulitan dalam jumlah tenaga pendidikan berkualitas yang berada pada daerah 3T.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-25