Hubungan Hipertensi Maternal Dan Jenis Persalinan Dengan Kejadian Respiratory Distress Syndrome (Rds) Pada Neonatus Di Rsud Abdul Wahab Sjahranie Samarinda

Authors

  • Agus Sugiarno Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ni Wayan Wiwin Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Respiratory Distress Syndrome (RDS)

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui Hubungan Hipertensi Maternal dan Jenis Persalinan dengan Kejadian Respiratory Distress Syndrome (RDS) pada Neonatus Di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini adalah observasional merupakan penelitian dimana peneliti tidak melakukan intervensi atau perlakuan terhadap variabel.

Hasil: Hasil penelitian menggunakan Chi-Square di dapatkan nilai p-Value 0,040 < 0,05 menunjukkan adanya hubunganantara hipertensi maternal dengan kejadian Respiratory Distress Syndrome (RDS). Hasil penelitian menggunakan Chi-Square di dapatkan nilai p-Value 0,022< 0,05 menunjukkan adanya hubunganantara jenis persalinan dengan kejadian Respiratory Distress Syndrome (RDS).

Manfaat: Penelitian  ini  diharapkan  dapat  menjadi  bahan  pertimbangan  dalam  mengevaluasi  tindakan,  menentukan  kebijakan-kebijakan  serta  meningkatkan  mutu  pelayanan  rumah  sakit  terkait  dengan angka kejadian Respiratory Distress Syndrome (RDS).

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-27