Pengaruh Knowledge Management terhadap Kinerja Karyawan pada PT. BPD Kaltim Kaltara Kantor Pusat Samarinda

  • Dhika Kameswara Chandra Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Sofia Ulfa Eka Hadiyanti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Knowledge, Kinerja, Keahlian

Abstract

Tujuan studi:Peneliti menguji kaitan antara knowledge management terhadap kinerja karyawan. Terdapat dua variabel yang dianalisis yaitu variabel Knowledge Management (X) dan variable Kinerja Karyawan (Y).Penelitian dilakukan di PT. BPD Kaltim Kaltara Kantor Pusat Samarinda dengan objek penelitian adalah karyawan organik dengan jabatan pelaksana.

Metodologi:Kuesioner digunakan sebagai teknik pengumpulan data yang disebar melalui Google Form. Populasi pada objek penelitian berjumlah 147 orang.Penggunaan teknik probability sampling dengan simple random sampling digunakan pada penelitian ini, serta menggunakan rumus slovin sehingga didapat jumlah sampel sebanyak 107 orang.

Hasil:Dengan hasil output persamaan regresi Y = 28.203 + 0.196X serta tingkat signifikansi 0.03 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Knowledge Management berpengaruh positif terhadap Kinerja Karyawan.

Manfaat:Bagi Karyawan, hasil penelitian diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan karyawan bahwa knowledge management sudah berjalan di lingkungan perusahaan, dan knowledge management dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk peningkatan kinerja. Bagi Manajer, hasil penelitian diharapkan dapat menjadi masukan bagi manajer untuk dapat meningkatkan kualitas, kontrol serta fungsi dari knowledge management yang sudah berjalan agar kinerja karyawan semakin lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24