Efektifitas Pemberian Daun Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) terhadap Penyembuhan Luka Diabetes Mellitus pada Tikus: LIterature Review

  • Citra Rahayu Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Taharuddin Taharuddin Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Penyembuhan luka, Diabetes, Daun Binahong

Abstract

Tujuan Studi: Penelitian ini untuk mengetahui efektifitas pemberian daun binahong terhadap penyembuhan luka diabetes mellitus pada tikus dengan studi literature review.

Metodologi: Pencarian jurnal menggunakan database PubMed (2015-2020), Google Scholar (2015-2020). Kata kunci dalam pencarian jurnal ini adalah effectiveness of anredera cordofilia, binahong leaves, diabetic wound healing, binahong leaves for diabetic wound healing, dan efektifitas daun binahong. Jurnal dianalisis menggunakan penilaian RAC (Research Appraisal Checklist).

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa penelitian yang membahas tentang pengaruh daun binahong terhadap penyembuhan luka terbukti efektif untuk digunakan, beberapa penelitian juga membuktikan bahwa penggunaan daun binahong memiliki efektifitas yang sama dengan salep-salep penyembuh luka lainnya.

Manfaat: Hasil dari penelitian literature review ini dapat menjadi acuan kedepannya dalam penelitian lanjutan untuk menjadikan daun binahong sebagai alternatif pengobatan tradisional untuk penyembuhan luka  atau pengobatan penyakit lainnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24