Efektifitas Pemberian Daun Binahong (Anredera cordifolia (Ten.) Steenis) terhadap Penyembuhan Luka Bakar pada Tikus: Literature Review

Authors

  • Ahmad Ramadhan Albadali Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Taharuddin Taharuddin Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Binahong leaves, Burns, Wound Healing

Abstract

Tujuan Studi:Penelitian ini  untuk mengetahui efektifitas pemberian daun binahong terhadap penyembuhan luka bakar pada tikus dengan studi literature review.

Metodologi:Pencarian jurnal menggunakan database PubMed (2015-2020) dan Google Scholar (2015-2020). Pencarian jurnal ini menggunakan kata kunci effectiveness of anredera cordofilia, binahong leaves, healing burns, binahong leaves for healing burn, healing burns using binahong leaves dan efektifitas daun binahong.

Hasil:Beberapa penelitian yang membahas tentang pengaruh dari daun binahong terhadap penyembuhan luka terbukti sangat efektif untuk digunakan, penelitian lain juga membuktikan bahwa penggunaan daun binahong memiliki efektifitas yang sama dengan salep-salep penyembuh luka lainnya.

Manfaat:Semoga hasil dari penelitian ini dapat menjadi acuan oleh perawat dalam memberikan asuhan keperawatan guna membantu dalam proses penyembuhan luka bakar dan peneliti sangat mengharapkan kritik dan saran terhadap literature review yang di analisis ini, sehingga dapat menjadi masukan untuk penelitian kedepannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-24