Analisis Faktor Depresi Berhubungan dengan Kualitas Hidup Wanita di Daerah Banjir Perumahan Bengkuring Kelurahan Sempaja Timur.

Authors

  • Riscananda Novia Armah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Mukripah Damaiyanti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

kualitas hidup, depresi, banjir

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tentang faktor depresi yang berhubungan dengan kualitas hidup wanita di daerah banjir di Perumahan Bengkuring Kelurahan Sempaja Timur.

Metodologi: Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian deskriptif. Pada penelitian ini sampel diambil menggunakan teknik Purposive Sampling, dari hasil perhitungan sampel didapatkan 304 responden yang termasuk dalam kriteria inklusi dan esklusi.

Hasil: Dari penelitian yang dilakukan didapatkan hasil p-value pada domain 1 (fisik) dengan depresi sebesar 0,001. Pada domain 2 (psikologis) dengan depresi didapatkan p-value sebesar 0,000. Pada domain 3 (hubungan sosial) dengan depresi didapatkan p-value 0,006. Domain 4 (lingkungan) dengan depresi didapatkan nilai 0,006.

Manfaat: Dapat menjadi masukan terkait hubungan depresi dengan kualitas hidup wanita yang tinggal di daerah banjir guna menjadi data.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-24