Pengaruh Kompetensi terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur

Authors

  • Dadang Pramana Aprilliansyah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Idham Cholid Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Kompetensi, Kepuasan Kerja, Dinas Perkebunan

Abstract

Tujuan Studi:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruhkompetensi terhadap kepuasan kerja pegawai Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, data penelitian diperoleh berdasarkan hasil kuesioner yang mengambil sampel sebanyak 94 orang pegawai Dinas Perkebunan.

Metodologi:Pengumpulan data adalah dengan metode survei, dan dengan alat bantu yaitu kuisioner yang dibagikan melalui google form, dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan analisis linier sederhana berdasarkan hasil output dari aplikasi SPSS versi 26.

Hasil:Sehingga diperoleh nilai Y  = 5,537+ 0,428X. Dari hasil perhitungan tersebut, didapatkan nilai beta 0,428, sehingga dapat dikatakan bahwa kompetensiberpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerjapegawai Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur. Dengan perolehan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,247. Artinya kompetensimempengaruhi kepuasan kerja pegawai sebesar 24,7%, sedangkan sisanya sekitar 25,3% dipengaruhi oleh variabel - variabel lainnya, yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Manfaat:Guna menambah, memperdalam, dan mengembangkan pengetahuan penulis serta sebagai latihan dalam menuangkan hasil pemikiran dan penelitian sesuai dengan ketentuan penulisan karya ilmiah di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-24

Most read articles by the same author(s)

> >>