Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur

Authors

  • Ismail Ismail Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Idham Cholid

Keywords:

Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, Pegawai

Abstract

Tujuan studi:Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peran lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja pegawaiDinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, data penelitian diperoleh berdasarkan hasil kuesioner yang mengambil sampel sebanyak 94 orang pegawai.

Metodologi:Pengumpulan data adalah dengan metode survei, dan dengan alat bantu yaitu kuisioner yang dibagikan melalui google form, dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan analisis linier sederhana berdasarkan hasil output dari aplikasi SPSS versi 25.

Hasil:Sehingga diperoleh nilai Y  = 9,423+ 0,423X. Dari hasil perhitungan tersebut, didapatkan nilai beta 0,423, sehingga dapat dikatakan bahwa  lingkungan kerjaberpengaruh terhadap kepuasan kerja pegawaiDinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur. Dengan perolehan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,150. Artinya lingkungan kerjamempengaruhi kepuasan kerjapegawai sebesar 15%, sedangkan sisanya sekitar 85% dipengaruhi oleh variabel - variabel lainnya, yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

Manfaat:Sebagian besar lingkungan kerja mempermasalahkan bagaimana mengarahkan  sumber daya dan potensi yang dimiliki oleh setiap pegawai, sehingga pegawai mau bekerjasama secara produktif sehingga menghasilkan kepuasan kerja yang baik untuk mencapai dan mewujudkan tujuan intansi yang telah ditetapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-12-24

Most read articles by the same author(s)

> >>