Pengaruh Terapi Musik Terhadap Kualitas tidur Pada Lansia: Literature Review

  • Nanda Sekar Buana Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timusr
  • Burhanto Burhanto
Keywords: terapi musik, kualitas tidur, lansia

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terapi musik terhadap kualitas tidur pada lansia.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode tinjauan pustaka atau literatur review  dimana artikel yang didapat dalam penelitian ini berasal dari hasil kajian yang telah dilakukan dan diterbitkan kedalam jurnal online dalam negeri serta luar negeri. Pada pengkajian ini peneliti melakukan pencarian jurnal yang telah dipublish pada internet menggunkan search engine, Pubmed, Google scholar, Directory of open science articles. Dengan kata kunci: music therapy, elderly adults, sleep quality, terapi musik, kualitas tidur, lansia.

Hasil: Terapi musik dapat memperbaiki kualitas tidur menjadi lebih baik, pengaruh terapi musik terhadap lansia yang didapat mampu memberikan efek positif serta dapat meningkatkan kualitas tidur.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai pengaruh terapi musik terhadap kualitas tidur pada lansia sehingga mampu menjadi referensi dan bacaan bagi peneliti selanjutnya maupun mahasiswa yang sedang mempelajari mengenai terapi musik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-26