Pengaruh Intervensi Terapi Musik Klasik Terhadap Kestabilan Tekanan Darah Pada Penderita Hipertensi Di Desa Sidomulyo Kecamatan Tabang Kabupaten Kutai Kartanegara

  • Mahfud Dwi Prasetyo Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Burhanto Burhanto
Keywords: Hipertensi, Musik Klasik, Kecamatan Tabang, Desa Sidomulyo

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahi pengaruh terapi musik klasik terhadap kestabilan tekanan darah pada penderita hipertensi di Desa Sidomulyo, Kecamatan Tabang, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif menggunakan data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik dengan rancangan penelitian eksperimen dengan desain pre-eksperimen design yang menggunakan rancangan the one group pretest-postest design, sampel pada penelitian ini berjumlah 17 responden dengan klasifikasi rentang umur 30-40 tahun.

Hasil: Tekanan darah responden sebelum dilakukan intervensi rata-rata 144/92 mmHg dan setelah dilakukan intervensi tekanan darah rata-rata sebesar 130/83. Hasil uji Paired T Test menunjukan nilai p value + 0,000 < α = 0,05.

Manfaat: Manfaat dari penelitian ini sebagai pengembangan pengetahuan yang dapat diaplikasikan dan sumber teori dalam bidang keperawatan komunitas tentang intervensi musik klasik terhadap kestabilan tekanan darah pada penderita hipertensi di Desa Sidomulyo Kecamatan Tabang Kabupaten Kutai Kartanegara sehingga mampu menjadi referensi dan bacaan bagi peneliti selanjutnya maupun mahasiswa yang sedang mempelajari mengenai terapi musik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-29