PENGARUH TERAPI BEKAM BASAH TERHADAP MUSKULOSKELETAL DISORDERS DI BAGIAN EKSTREMITAS ATAS DAN BAWAH PADA PEKERJA BANGUNAN DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KALIMANTAN TIMUR

  • Nor fitri universitas muhammadiyah kalimantan timur
  • Andri Praja Satria
Keywords: pengaruh Bekam basah, muskuloskeletal disorders

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pemberian daun binahong terhadap penyembuhan luka sayatan pada tikus dengan studi literature review.

Metodologi: Pada penelitian ini menggunakan Literature Review, pencarian jurnal dengan database PubMed dan Google Scholar (2001 – 2020). Analisis data yang digunakan yaitu statistic deskriptif.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa penelitian yang membahas tentang pengaruh daun binahong terhadap penyembuhan luka terbukti efektif untuk digunakan, beberapa penelitian juga membuktikan bahwa penggunaan daun binahong memiliki efektifitas yang sama dengan salep - salep penyembuh luka lainnya.

Manfaat: Penelitian ini diharapkan bisa menjadi tambahan ilmu di bidang keperawatan didalam menjalankan terapi komplementer mengenai efektifitas pemberian daun binahong terhadap luka sayatan. Penelitian ini juga diharapkan bisa menjadi referensi untuk penelitian selanjutnya. Penelitian ini diharapkan bisa digunakan di institusi pendidikan dalam pengembangan pembelajaran tentang pengobatan komplementer. Penelitian ini juga dapat diaplikasikan didalam ilmu keperawatan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27