Studi Kepustakaan Pengaruh Bekam Kering terhadap Musculoskeletal Disorders Leher dan Bahu

  • Endah Nomita Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Andri Praja Satria
Keywords: Bekam Kering, Musculoskeletal Disorders, Nyeri Leher dan Bahu

Abstract

Tujuan studi: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh bekam kering terhadap musculoskeletal disorders leher dan bahu berdasarkan hasil literature review.

Metodologi: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan pustaka (library research), dengan menganalisis literatur yang tersedia melalui database nasional maupun internasional sebagai landasan informasi dalam penelitian ini. Kriteria inklusi : rentang waktu publikasi jurnal 5 tahun terakhir mulai dari 2016-2021, menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, subjek dalam penelitian yaitu penyakit yang memiliki gejala musculoskeletal disorders leher dan bahu, artikel penelitian orisinil full text, tema jurnal pengaruh bekam kering terhadap musculoskeletal disorders leher dan bahu.

Hasil: Sebanyak 15 jurnal telah diidentifikasi, penilaian utama dalam penelitian ini adalah intensitas nyeri pada leher dan bahu. Hasil utama dalam penelitian ini menunjukkan adanya penurunan nyeri secara signifikan setelah pemberian terapi bekam terhadap nyeri leher dan bahu.

Manfaat: Bagi peneliti hasil penelitian ini diharapkan dapatmenambah pengetahuan, pengalaman, dan wawasandalam melakukan penelitian serta mampu menjadi landasan yang kuat bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian lebih lanjut dengan tema pengaruh bekam kering terhadap musculoskeletal disorders, dan bagi institusi pendidikan hasil penelitian dapat menjadi sumber pembelajaran dan referensi di bidang ilmu keperawatan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-25