Efektivitas Penggunaan Media Audio terhadap Pencegahan Risiko Secondhand Vape Smoker di UMKT

  • Anggi Pebriani Olivianty Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Nida Amalia Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Media audio, Perilaku, Secondhand vape smoker

Abstract

Tujuan studi : Untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Media Audio terhadap Pencegahan Risiko Secondhand Vape Smoker di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Metodologi : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian Pra-Eksperimen, desain yang digunakan adalah One Group Pretest Posttest. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa/i Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Peminatan Promosi Kesehatan tahun angkatan 2017 Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur sebanyak 30 Responden.

Hasil : Adanya efektivitas media audio bisa dilihat dengan data sebagai berikut: Nilai rata-rata (mean) pengetahuan, dimana nilai rata-rata pre-test dari 29 responden adalah 9.00 dari 29 responden, lalu nilai rata-rata post-test mencapai 13.14. Selisih rata-rata pre-test dan post-test sebesar 4.14. Hasil uji Wilcoxon Signed-rank skor pengetahuan pada pretest dan posttest yaitu nilai p-value 0,000 (< 0,05). Nilai rata-rata (mean) sikap, dimana nilai rata-rata pre-test dari 29 responden adalah 2.83 dan nilai rata-rata post-test mencapai 3.21. Selisih rata-rata pre-test dan post-test sebesar 0.38 dan hasil uji Wilcoxon Signed-rank skor sikap pada pretest dan posttest yaitu nilai p-value 0,013 (< 0,05) yang artinya ada peningkatan pengetahuan dan sikap pencegahan risiko secondhand vape smoker antara sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan.

Manfaat : Bagi masyarakat, mahasiswa, maupun peneliti diharapkan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan tentang bahaya dan pencegahan risiko secondhand vape smoker.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24
Section
Kesehatan Masyarakat