Hubungan Peranan Guru UKS Dengan Pelaksanaan Trias UKS Di Sekolah Dasar Al-Firdaus Samarinda
Keywords:
Peran guru UKS, Pelaksanaan Trias UKSAbstract
Tujuan studi : Untuk mengetahui apakah ada hubungan peranan guru UKS dengan pelaksanaan Trias UKS di sekolah dasar Al-Firdaus Samarinda.
Metodologi : Penelitian ini bersifat Deskriptif Analitik dengan menggunakan desain Cross Sectional, dimana variabel bebas (Independen) dan variabel terikat (Dependen) diteliti pada saat bersamaan dengan menggunakan Total Sampling. Responden pada penelitian ini berjumlah 105 siswa.
Hasil : Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara peranan guru UKS dengan pelaksanaan trias UKS dengan diperoleh nilai p-value 0.000 dimana nilai tersebut lebih kecil dari taraf signifikan α yaitu 0.05.
Manfaat : Menjadikan penelitian ini sebagai penambah wawasan untuk pelaksanaan Trias UKS bagi setiap sekolah dasar, menambah ilmu dan wawasan bagi penulis.