Hubungan Tingkat Pendidikan Guru UKS dengan Hasil Inspeksi Kesehatan Lingkungan Sekolah di Wilayah Kerja Puskesmas Muser
Keywords:
Inspeksi, kesehatan, lingkungan, sekolah, Guru, UKSAbstract
Tujuan Studi : Penelitian ini betujuan untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan guru UKS dengan hasil inspeksi kesehatan lingkungan sekolah diwilayah kerja puskemas muser.
Metodologi: penelitian ini rancangan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Penelitian ini untuk mengukur ada atau tidaknya hubungan antara variabel. Populasi dan sampel dalam penelitian adalah semua guru UKS di 12 sekolah wilayah kerja puskesmas muser, teknik pengambilan sampel Total Sampling. Analisis data dilakukan dengan melalui uji Chi-Square dengan nilai signifikan α = 0,05.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan nilai P-value = 1,000 atau sig. > 0.05 maka Ha diterima dan H0 ditolak yang artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan guru UKS dengan hasil inspeksi kesehatan lingkungan sekolah di wilayah kerja puskesmas muser.
Manfaat : Hasil penelitian ini dapat menjadi bahan evaluasi dan penyelenggaraan program pendidikan kesehatan masyarakat kesehatan, sebagai refresni bagi penelitian selanjutnya serta sebagai informasi terkait tingkat pendidikan guru UKS dengan hasil Inspeksi kesehatan lingkungan sekolah di wilayah kerja puskesmas muser