Hubungan Pelayanan Informasi dan Kepuasan Peserta BPJS di Puskesmas Segiri Kota Samarinda

Authors

  • Nadya Syawitri Umkt
  • Suprayitno Suprayitno

Keywords:

Pelayanan Informasi, Kepuasan, Pasien BPJS.

Abstract

Tujuan studi: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan pelayanan informasi terhadap kepuasaan peserta BPJS di Puskesmas Segiri Kota Samarinda.

Metodologi: Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel 94 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, analisis data menggunakan uji chi square.

Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan pelayanan informasi terhadap kepuasaan peserta BPJS di Puskesmas Segiri Kota Samarinda (p-value = 0,000).

Manfaat: Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi dalam menerapkan ditempat kerja dan pengaplikasian ilmu kesehatan masyarakat. Sebagai indikator keberhasilan dari proses belajar selama menempuh pendidikan dan dapat dijadikan referensi untuk peneliti selanjutnya. Untuk puskesmas sebagai bahan informasi pembaruan untuk hubungan pelayanan informasi terhadap kepuasaan peserta BPJS.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-04-27

Issue

Section

Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)