Pengaruh Pemberian Terapi Musik Tradisional Terhadap Status Hemodinamik Pasien Anak yang Terpasang Ventilasi Mekanik Diruang PICU RSUD AWS Samarinda

  • Muhammad Amir Nasruddin Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ni Wayan Wiwin A Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Musik Tradisional, Hemodinamik, Ventilasi Mekanik

Abstract

Tujuan penelitian : Ini buat melihat pengaruh pemberian pengobatan musik tradisionalĀ  terhadap status hemodinamik anak yang terpasang ventilator.

Metodologi : Eksperimen dengan convenience/accidental dengan jumlah 15 sampel dan mengumpulkan data dengan lembar observasi hasil dari Penelitian ini yaitu menggunakan analisis bivariat dengan metode Paired Sampel T-Test untuk data yang berdistribusi normal dan Wilcoxon Signet Rank Test untuk data yang berdistribusi tidak normal .

Hasil : Dari penelitian ini menggunakan Wilcoxon Signet Rank Test untuk data yang berdistribusi tidak normal. Terdapat p value (p<0,05) pada status hemodinamik dari enam item itu artinya tidak ada terdapat pengaruh pemberian terapi musik tradisional terhadap hemodinamik pada anak yang terpasang oleh ventilator.

Manfaat : Diharapkan hasil penelitian ini bisa memperkaya ilmu pengetahuan dan sebagai sarana informasi dalam pemberian terapi musik tradisional sebagai terapi non farmakologis.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-27