Pengaruh Pemberian Terapi Musik Tradisional Terhadap Status Hemodinamik Pasien Anak yang Terpasang Ventilasi Mekanik Diruang PICU RSUD AWS Samarinda

Authors

  • Muhammad Amir Nasruddin Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ni Wayan Wiwin A Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Musik Tradisional, Hemodinamik, Ventilasi Mekanik

Abstract

Tujuan penelitian : Ini buat melihat pengaruh pemberian pengobatan musik tradisional  terhadap status hemodinamik anak yang terpasang ventilator.

Metodologi : Eksperimen dengan convenience/accidental dengan jumlah 15 sampel dan mengumpulkan data dengan lembar observasi hasil dari Penelitian ini yaitu menggunakan analisis bivariat dengan metode Paired Sampel T-Test untuk data yang berdistribusi normal dan Wilcoxon Signet Rank Test untuk data yang berdistribusi tidak normal .

Hasil : Dari penelitian ini menggunakan Wilcoxon Signet Rank Test untuk data yang berdistribusi tidak normal. Terdapat p value (p<0,05) pada status hemodinamik dari enam item itu artinya tidak ada terdapat pengaruh pemberian terapi musik tradisional terhadap hemodinamik pada anak yang terpasang oleh ventilator.

Manfaat : Diharapkan hasil penelitian ini bisa memperkaya ilmu pengetahuan dan sebagai sarana informasi dalam pemberian terapi musik tradisional sebagai terapi non farmakologis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-27