Hubungan Pola Pemberian Makan Dan Pendapatan Keluarga Dengan Kejadian Stunting Pada Balita : Literature Review

  • Agus Friyayi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Ni Wayan Wiwin A Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Family Income, Pendapatan Keluarga, Pola Pemberian Makan, Stunting

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini untuk mengetahui hubungan pola pemberian makan dan pendapatan keluarga terhadap kejadian stunting pada balita.
Metodologi: Penulisan jurnal ini digunakan pendekatan studi literatur.
Hasil: Berdasarkan hasil studi 20 artikelyang dilakukan analisi literature review, dari 5 databaseGoogle Scholar, Portal Garuda, Pubmed, Wiley Library, dan Atlantis Press, didapatkan 20 artikel yang terdiri dari 10 artikelnasional dan 10 artikel internasional, ditemukan 10 artikel pola pemberian makan dan 9 artikel pendapatankeluarga yang berhubungan dengan kejadian stunting pada anak balita, sedangkan 1 artikel tidak berhubunganpadapendapatankeluargadengankejadianstunting.
Manfaat: Bagi peneliti hasil peneliti diharapkan dapat menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan penelitian serta mampu menjadi landasan yang kuat bagi peneliti selanjutnya, khususnya dalam topik yang menyangkut pola pemberian makan dan pendapatan keluarga dengan kejadian stunting pada balita. Bagi institusi khususnya pendidikan keperawatan serta dari hasil penelitian ini mampu menjadi suatu acuan serta informasi untuk peneliti berikutanya pada lingkup yang sama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-29