Efektivitas E-Health Info Instagram Pencegahan Secondhand Vape Smoker Terhadap Risiko Secondhand Vape Smoker di UMKT

  • Claudya Agusthin Kesehatan Masyarakat
  • Nida Amalia
Keywords: Vape, Secondhand Vape Smoker, E-Health Info Instagram

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan mengetahui Efektivitas E-Health Info Instagram Pencegahan Secondhand Vape Smoker Terhadap Risiko Secondhand Vape Smoker di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen dan jenis desain eksperimen yang digunakan yaitu pre-experiment desain dengan rancangan one group pretest-post test design. Rancangan jenis ini hanya mengunakan satu kelompok subjeck, pengukuran dilakukan sebelum dan sesudah perlakuan dan perbedaan kedua hasil pengukuran dianggap sebagai efek perlakuan. Sampel penelitian adalah mahasiswa/i program studi kesehatan masyarakat peminatan promosi kesehatan tahun angkatan 2017 dengan jumlah 30 orang responden.

Hasil: Adanya efektivitas media e-health info instagram bisa dilihat dengan data sebagai berikut: Rata-rata Pretest (3.86) rata-rata Posttest (12.86) nilai selisih (9). Hasil uji Wilcoxon Signed-rank Test dengan nilai P.Value 0,000 (<0,05). Adanya peningkatan pengetahuan bisa dilihat dengan data sebagai berikut: Rata-rata Pretest (3.10) rata-rata PosttestĀ  (8.79) nilai selisih (5,69). Hasil Uji Wilcoxon Signed-rank Test dengan nilai P.Value 0,000 (<0,05). Adanya peningkatan Sikap bisa dilihat dengan data sebagai berikut: Rata-rata Pretest (1.45) rata-rata Posttest (1.75) nilai selisih (0.38). Hasil Uji Wilcoxon Signed-rank Test dengan nilai P.Value 0,029 (<0,05). Tidak Adanya peningkatan Tindakan bisa dilihat dengan data sebagai berikut: Rata-rata Pretest (93) rata-rata Posttest (93). Hasil Uji Wilcoxon Signed-rank Test dengan nilai P.Value 1,000 (>0,05).

Manfaat: Bagi masyarakat, mahasiswa, maupun peneliti diharapkan dapat meningkatkan wawasan ilmu pengetahuan tentang bahaya dan pencegahan risiko secondhand vape smoker.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-08-28
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>