Hubungan Antara Stres Dengan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2: Studi Literature Review

  • Reni Anggraeni Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Nunung Herlina Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Stres, Kadar Gula Darah, Diabetes Melitus Tipe 2

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres dengan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus tipe 2.

Metodologi: Jenis penelitian literature review menggunakan data sekunder yang diperoleh dari hasil-hasil penelitian terdahulu dan telah diterbitkan dalam bentuk jurnal online melalui database Google Scholar, Science Direct, PubMed, Research Gate, dan Borneo Student Research. Jurnal yang digunakan berjumlah 15 (10 Internasional dan 5 Nasional) dengan kurun waktu 2015-2021.

Hasil: Hasil penelitian diperoleh ada hubungan antara stres dengan kadar gula darah pada penderita diabetes melitus tipe 2, dengan sebagian besar penderita mengalami tingkat stres yang tinggi dan kontrol kadar gula darah yang buruk.

Manfaat: Hasil penelitian ini bermanfaat sebagai pengembangan pengetahuan bagi penderita dan masyarakat bahwa stres yang dirasakan dapat mempengaruhi kadar gula darahnya, sehingga diharapkan untuk selalu memanajemen pola pikirnya agar terhindar dari stres.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-29