Hubungan Antara Aktivitas Fisik Dengan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2: Literature Review

  • Melati Melati Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Nunung Herlina
Keywords: Aktivitas Fisik, Kadar Gula Darah, Diabetes Mellitus Tipe 2

Abstract

Latar belakang: diabetes Mellitus (DM) adalah penyakit gangguan metabolisme yang biasanya ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah dalam tubuh dan biasa disebut dengan kondisi hiperglikemia, kondisi ini biasa disebabkan oleh penurunan produksi insulin akibat terganggunya fungsi sel beta di dalam pankreas sehingga berkurangnya respon insulin di dalam tubuh. DM sendiri dapat disebabkan oleh genetik, usia, jenis kelamin, berat badan, pola makan, stres dan aktivitas fisik.

Tujuan: penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi hubungan antara aktivitas fisik dengan kadar gula darah pada pasien DM Tipe 2. 

Metode: yang digunakan pada penelitian ini adalah Literature Review dengan data based Google Scholar, Sage, Pubmed dan Research Gate, jurnal yang digunakan ada 15 jurnal terdiri dari 5 jurnal nasional dan 10 jurnal internasional yang sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi.

Hasil: pembahasan analisis Literature Review terdapat hubungan antara aktivitas fisik dengan kadar gula darah pada penderita DM Tipe 2

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-12

Most read articles by the same author(s)