Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Dan Kepatuhan Minum Obat Dengan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes Melitus Tipe 2:Literature Review

Authors

  • Dwi Rahayu Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Nunung Herlina

Keywords:

Diabetes Melitus Tipe 2, Kadar Gula Darah, Kepatuhan Minum Obat, Tingkat Pengetahuan

Abstract

Tujuan studi:Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dan kepatuhan minum obat dengan kadar gula darah pada penderita Diabetes Melitus Tipe 2.

Metodologi:Penelitian ini menggunakan jenis penelitian literature review. Pencarian jurnal melalui database Science Direct, Pubmed,Research Gate dan Google Schoolar dengan tahun publikasi 2016-2020. Adapun jumlah jurnal yang ditelaah sebanyak 20 terdiri 10 jurnal nasional dan 10 jurnal internasional.

Hasil:Analisi dari 20 jurnal, peneliti menyimpulkan adanya hubungan antara tingkat pengetahuan dan kepatuhan minum obat dengan kadar gula darah penderita Diabetes Melitus Tipe 2. Sebagian besar pengetahuan yang dilimiliki penderita Diabetes Melitus tipe 2 dalam kategori rendah dengan kontrol gula darah buruk dan kepatuhan minum obat dalam kategori patuh dengan kontrol gula darah baik.

Manfaat:Hasil dari penelitian dapat digunakan sebagai sumber informasi bagi penderita Diabetes Melitus tipe 2 untuk meningkatkan pengendalian kadar gula darah secara farmakologi dan non farmakologi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-29

Most read articles by the same author(s)

> >>