Analisis Pengaruh Perceived Usefulness dan Curiosity terhadap Continuance Intention Mahasiswa pada Sistem Pembelajaran Open Learning

Authors

  • Nurd Hasanah UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH KALIMANTAN TIMUR
  • Marsha Anindita

Keywords:

Curiosity, Perceived usefulness, Continuance intention

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Perceived Usefulness dan Curiosity terhadap Continuance Intention mahasiswa pada sistem pembelajaran Open Learning.

Metodologi: Penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur yang berjumlah kurang lebih 890 orang. Sampel adalah 240 mahasiswa prodi manajemen universitas Muhammadiyah yang direkrut dengan teknik non-probability sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner. Data dianalisis dengan uji t dengan bantuan SPSS versi 24.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Perceived Usefulness diperoleh nilai t hitung 2,459 dengan nilai signifikansi sebesar 0,015 (0,015< 0,05) dan koefisien regresi mempunyai nilai sebesar 0,136 yang berarti PerceivedUsefulness berpengaruh positif dan signifikan terhadap Continuance Intention mahasiswa pada sistem pembelajaran OpenLearning. Hasil penelitian menunjukan bahwa variabel Curiosity diperoleh nilai t hitung 6,447 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000 < 0,05) dan koefisien regresi mempunyai nilai sebesar 0,241 yang berarti Curiosity berpengaruh positif dan signifikan terhadap Continuance Intention mahasiswa pada sistem pembelajaran Open Learning.

Manfaat: Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rujukan untuk pengembangan serta pendalaman ilmu pengetahuan khususnya bagi pengelola Open Learning. Diharapkan penelitian ini bisa menjadi rujukan untuk pengembangan yang lebih baik lagi terhadap segala sistem pembelajaran yang ada pada Open Learning sehingga memberikan layanan yang lebih nyaman dan kemudahan proses pembelajaran yang lebih inovatif pada masa pandemi seperti sekarang, atau pada masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-08-25