Hubungan Beban Kerja dengan Keselamatan Pasien pada Perawat di IGD Rumah Sakit: Literature Review

Authors

  • Dewi Puspita Sari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Maridi Marsan Dirdjo

Keywords:

Komunikasi, Keselamatan Pasien, IGD

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisa terhadap hubungan beban kerja dengan keselamatan pasien pada perawat di IGD Rumah Sakit.

Metodologi: Metode penelitian yang digunakan adalah literature review, .rangkaian penelitian yang berkaitan dengan metode pengumpulan data perpustakaan, atau penelitian (jurnal ilmiah) melalui pencarian informasi pustaka pada variabel penelitian. Penelitian ini menggunakan populasi data berupa daftar jurnal/artikel penelitian dalam kurun tahun 2016-2021 sebanyak 15 jurnal yang terdiri dari 10 jurnal internasional dan 5 jurnal nasional.

Hasil: Hasil dari analisis 15 jurnal yang telah dilakukan, 10 jurnal menunjukkan adanya hubungan beban kerja yang signifikan dan keselamatan pasien pada perawat di IGD Rumah Sakit.

Manfaat: Manfaat penelitian sebagai pengembangan pengetahuan untuk menambah wawasan dan informasi dibidang keperawatan secara inti tentang beban kerja dengan keselamatan pasien pada perawat di IGD rumah sakit serta menjadi bahan evaluasi bagi perawat, sehingga dapat terus meningkatkan penerapan keselamatan pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-04-12