Tingkat Motivasi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur Dalam Upaya Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Pada Saat Pandemi Covid-19 Dengan Berolahraga Dirumah

  • Abd Gafur Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Januar Abdilah Santoso
Keywords: motivasi, mahasiswa, daya tahan,tubuh, olahraga, pandemi, rumah

Abstract

Tujuan Studi : Untuk mengetahui bagaimana tingkat motivasi mahasiswa UMKT dalam upaya meningkatkan daya tahan tubuh pada saat pandemi covid-19 dengan berolahraga dirumah.

Metodologi : Penelitian ini menggunakan variable tunggal. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sampel Random atau sampel acak. Teknik sampel ini diberi nama demikian karena didalam pengambilan sampelnya, peniliti “mencampur” subjek- subjek didalam populasi sehingga semua subjek dianggap sama. Dengan demikian peneliti memberikan hak yang sama kepada subjek untuk memperoleh kesempatan dipilih dalam menjadi sampel.

Hasil : Hasil penelitian menunjukan sebagian besar Mahasiswa/i UMKT memiliki tingkat motivasi yang beragam dengan rincian Baik sekali sebesar (5%) atau sebanyak 7 orang, Baik (21%) sebanyak 31 orang, Sedang (37%) sebanyak 56 orang, Kurang (31%) sebanyak 47 orang, dan Kurang Sekali (6%) sebanyak 9 orang.

Manfaat : Manfaat hasil secara teoritis dapat memberikan pengetahuan dan informasi tentang tingkat pemahaman mahasiswa tentang motivasi olahraga untuk menjaga daya tahan tubuh.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31
Section
Pendidikan Olahraga