Tingkat Pemahaman Mahasiswa Tentang Aktivitas Fisik dalam Upaya Peningkatan Imunitas Tubuh di Masa Pandemi

  • Nur Aini Indah Sari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Januar Abdilah Santoso
Keywords: Aktivitas Fisik, Imunitas Tubuh, Covid-19

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui besarnya tingkat pemahaman mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur  tentang aktivitas fisik dalam upaya meningkatkan imunitas tubuh. (2) Untuk mengetahui imunitas tubuh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Metodologi: Penelitian ini menggunakan variable tunggal. Dengan populasi adalah 100 mahasiswa, dan sampel berjumlah 43 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrument penelitian deskritif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data dengan mencari persentase dari setiap indikator.

Hasil: Penelitian ini menunjukkan bahwa memiliki perbedaan antara diagram dari setiap indikator yang telah di isi responden: (1) kurang sekali sebesar 9%, (2) kategori kurang sebesar 23%,  (3) kategori sedang sebesar 47%, (4) kategori baik sebesar 16%, (5) kategori baik sekali sebesar 5%.

Manfaat: Penelitian ini memberikan informasi tentang tingkat pemahaman mahasiswa dalam melakukan aktivitas fisik  untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mengetahui sejauh mana tingkat pemahaman mahasiswa dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-14
Section
Pendidikan Olahraga