Analisis Teknis Kerusakan Perkerasan dan Metode Perbaikan pada Jalan Provinsi Kalimantan Timur (Studi Kasus : Jalan Semoi Sepaku – Petung 1)

  • Rafidah Azzahra Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Pitoyo Pitoyo Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Kerusakan jalan, Teknik perbaikan, PCI, Metode analisa komponen

Abstract

Tujuan studi: Untuk mencari nilai kondisi kerusakan pada ruas jalan Semoi Sepaku – Petung 1 dan menentukan perencanaan teknik perbaikan untuk menangani kerusakan pada perkersan jalan.

Metodologi: Sebelum memulai menganalisis suatu penelitian maka diperlukan pengumpulan data dengan data-data yang dibutuhkan yaitu data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari survey langsung dilapangan, data yang diperlukan yaitu dimensi kerusakan, volume lalu lintas, dan foto dokumentasi. Sedangkan, data sekunder diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Raykat Provinsi Kalimantan Timur (DPUPR.PERA – KT), data yang diperlukan meliputi kondisi struktur perkerasan perencanaan awal, peta ruas jalan Semoi Sepaku – Petung 1 dan data California Bearing Ratio (CBR). Penelitian ini mengunakan metode Pavement Condition Index (PCI) dan metode analisa komponen Bina Marga 1987. Dengan hasil analisis berupa nilai dari kondisi kerusakan perkerasan jalan dan mendapatkan perencanaan teknik perbaikan jalan yang sesuai untuk menangani kerusakan pada perkerasan jalan.

Hasil: Nilai kondisi perkerasan permukaan jalan dalam kondisi, 8,38% (sempurna), 46,35% (sangat baik), 31,94% (baik), 3,86% (sedang), 6,12% (buruk), dan 3,35% (sangat buruk), nilai kondisi perkerasan permukaan jalan secara keseluruhan termasuk ke dalam  kondisi baik, tetapi pada beberapa bagian jalan terdapat kerusakan – kerusakan, sehingga pemeliharaan jalan secara rutin harus dilakukan. Selanjutnya, direncanakan perbaikan perkerasan jalan umur rencana 10 tahun, didapatkan hasil perencanaan untuk tebal lapis permukaan perkerasan lentur menggunakan Laston MS 744 dengan tebal 20 cm.

Manfaat: Memberikan wawasan dan referensi baru kepada peneliti dan pembaca dalam meninjau penyebab dan teknik perbaikan untuk kerusakan pada perkerasan jalan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-18