Analisis Teknik Kerusakan Perkerasan jalan Provinsi Kaltim – (Segmen V) Semoi Sepaku
Keywords:
Kerusakan Jalan, Volume Kendaraan, Perkerasan LenturAbstract
Tujuan studi: Menentukan dampak beban lebih terhadap umur jalan berdasarkan metode analisis pada Jalan Semoi Sepaku (Segmen v) Provinsi Kalimantan Timur.
Metodologi: Pada penelitian ini data yang digunakan data berupa CBR lapangan dan data volume lalu lintas harian rata-rata (LHR) yang didapatkan dari dinas PUPR, Memperoleh data dari hasil rekayasa yang telah dilakukan di lapangan kemudian merumuskan data tersebut secara teoritis untuk menganalisis dampak pembebanan kendaraan yang berlebihan terhadap umur rencana permukaan jalan dan menentukan pilihan teknologi perbaikan jalan yang tepat.
Hasil: Berdasarkan hasil survey Jalan Semoi Sepaku (Segmen v) STA 16 +655 sampai dengan17+ 645 dan pembahasanhasil survey kondisi jalan lentur Ruas Semoi Sepaku adalah 30,386% (sempurna),61,415% (baik), 4,984% (buruk), dan 3,215% (sangat buruk), sehinggarata-rata umum berada pada kategori fungsional yang permukaanjalanmasih tergolong mampu menopang beban kendaraan yang lewat, namun tingkat kenyamanan dan keamanan jalan dinilai belum mencukupi, namun pada beberapa STA jalan sudah mengalami kerusakan.
Manfaat: Manfaat diadakannya penelitian tentang Analisa mencegah kerusakan jalanpada ruas jalan Semoi Sepaku (Segmen v) Kabupaten Panajam Peser Utara,Provinsi Kalimantan Timur hal ini diharapkan dapat memberikan wawasandanpengetahuan kepada mahasiswa untuk Memahami ketebalan permukaan jalan fleksibel dan menganalisa perhitungan kerusakan jalan, termasuk panjang, lebar dan kedalamansetiap jenis kerusakan yang terjadi dengan menggunakan perhitunganPCI dan Mensosialisasikan Metode Bina Marga 1987 dan Lason MS 744 untuk analisa struktur perkerasan lentur jalan.