Rasionalitas Penggunaan Antibiotik Pada Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Loa Janan Tahun 2020

  • ST. Ramlah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Deasy Nur Chairin Hanifa
Keywords: alur gyssens, antibiotik, rasionalitas penggunaan antibiotik

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui rasionalitas penggunaan antibiotik pada pasien rawat jalan di Puskesmas Loa Janan dengan menggunakan metode alur gyssens.

Metodologi: Jenis penelitian ini termasuk penelitian observasional deskriptif secara retrospektif. Data penelitian diperoleh dari catatan medis pasien. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Analisis kualitatif peresepan antibitiotik dilakukan berdasarkan literatur dengan menggunakan metode alur gyssens.

Hasil: Dari 80 kasus jenis kelamin yang paling banyak adalah perempuan sebanyak 41 kasus (51,25%) dibandingkan dengan laki-laki sebanyak 39 kasus (48,75%) dengan mayoritas kasus ISPA sebanyak 44 kasus (55%) dengan antibiotik yang paling sering digunakan yaitu amoksisilin sebanyak 67 kasus (83,75%). Berdasarkan hasil analisa menggunakan metode alur gyssens diperoleh hasil penggunaan antibiotik rasional sebanya 53 kasus (kategori 0) 66,25% dan sebanyak 27 kasus (33,75%) termasuk kategori I-V yang tidak rasional dengan rincian yaitu pemberian durasi terlalu singkat (kategori IIIB) 12,50%, terdapat antibiotik yang lebih efektif (kategori IVA) 8,75%, dan penggunaan antibiotik tanpa indikasi (Kategori V) 12,50%. Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan metode alur gyssens diketahui penggunaan antibiotik yang tidak rasional masih tinggi di Puskesmas Loa Janan dengan mayoritas ketidakrasionalan dalam penggunaan antibiotik disebabkan pemberian yang terlalu singkat.

Manfaat: Sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan kerasionalan penggunaan antibiotik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-31