Perencanaan Ulang Fondasi Tiang Pancang menggunakan Metode Meyerhoff pada Proyek Pipa Gas Tanjung Batu

  • Maulana Rizki Azis Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Santi Yatnikasari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Tiang Pancang, Daya Dukung, Penurunan

Abstract

Tujuan Studi : Mengetahui nilai kapasitas daya dukung tiang bor pada proyek pembangunan Gedung control Room Tanjung Batu, mengetahui perbandingan kapasitas daya dukung tiang existing dengan desain fondasi tiang pancang dan mengetahui nilai penurunan pada desain fondasi tiang pancang.

Metodologi : Data yang digunakan berupa data  gambar teknis dan data penyelidikan tanah dengan metode sondir dan SPT yang diambil dari proyek Pipa Gas Tanjung Batu dan dilakukan perhitungan analisa kapasitas daya dukung tiang tunggal dan kelompok menggunakan metode meyerhoff . Setelah itu menganalisa penurunan tiang dan menarik kesimpulan dari hasil data perhtungan tersebut.

Hasil : Suatu kontruksi fondasi bisa diketehui aman apabila dapat meneruskan beban struktur atas bangunan ke tanah dasar. Rekomendasi yang dirujuk yaitu alternatif diameter 0,5 m metode meyerhoff menggunakan data SPT dengan jumlah 3 tiang dalam 1 kelompok tiag. Hal ini berdasarkan niali dari kapasitas dukung kelompok (Qg) mempunyai nilai lebih besar dari beban aksial (P) dan beban aksial keseluruhan yang diterima (Pt) 361,66 Ton > 312,529 Ton, dan 361,66 Ton > 343,519 Ton. Nilai penurunan alternatif desain perencanaan fondasi tiang pancang dengan diameter 0,5 m lebih kecil dari nilai penurunan tiang bor fondasi eksisting 0,070 m < 0,084 m.

Manfaat : Dapat dijadikan bahan referensi pembaca untuk meredesain ulang sutau kontruksi fondasi dan menambah pengetahuan bagi pembaca mengenai kapasitas daya dukung pada fondasi tiang pancang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-04-14