Pengaruh Media Puzzle Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Gizi Seimbang Pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 001 Samarinda Seberang
Keywords:
Pengetahuan, Sikap, Gizi Seimbang, Media PuzzleAbstract
Tujuan Studi : Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui pengaruh media puzzle terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi seimbang pada siswa kelas IV di sekolah dasar negeri 001Samarinda Seberang.
Metodologi :Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen semu (quasi experiment study) dengan rancangan Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dalam penelitan ini menggunakan teknik Simple Random Sampling atau sampel acak dengan sampel penelitian sebanyak 47 orang. Pengumpulan data menggunakan angket penelitian.
Hasil : Hasil penelitian, ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan menggunakan media puzzle terhadap pengetahuan siswa tentang gizi seimbang, dan tidak ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan menggunakan media puzzle terhadap sikap siswa tentang gizi seimbang. Pengetahuan p value (0,000) dan sikap p value (0,752).
Manfaat : Diharapkan agar pihak sekolah menggunakan media puzzle untuk Promosi Kesehatan di UKS dan bagi siswa, diharapkan agar siswa dapat aktif dalam memperoleh informasi terkait kesehatan yang diberikan oleh guru maupun petugas kesehatan dan penyuluh serta saling mengingatkan dalam menjaga kesehatan