Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Pengetahuan dan Sikap Tentang Gizi Seimbang Pada Siswa Kelas V Di SDN 001 Samarinda Seberang
Keywords:
pengetahuan, sikap, gizi seimbang, media pop up bookAbstract
Tujuan Studi: Permasalahan mengenai gizi muncul akibat perilaku gizi seseorang yang tidak tepat yaitu kesenjangan antara konsumsi dan kecekupan gizi yang di perlukan oleh tubuh. berdasarkan data gizi anak pada usia 5-12 tahun di kota Samarinda, prevalensi gizi lebih yaitu 23.9% terdiri dari gemuk 17% dan obesitas 6.9%, gizi kurang 9.6% terdiri dari kurus 7.1% dan sangat kurus 2.5%, pendek 16.4% dan sangat pendek 9.6%. Keinginan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh media pop up book terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi seimbang pada siswa kelas V di SDN 001 Samarinda Seberang
Metodologi: penelitian ini memakai metode penelitian eksperimen semu (quasi experiment study) dengan bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Pengambilan sampel dalam penelitan ini memakai teknik Simple Random Sampling atau sampel acak dengan sampel penelitian sebanyak 42 orang.
Hasil: Hasil penelitian, ada pengaruh penyuluhan kesehatan dengan menggunakan media pop up book terhadap pengetahuan dan sikap siswa tentang gizi seimbang. Pengetahuan p value (0,000) dan sikap p value (0,03).
Manfaat: Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media pop up book terhadap pengetahuan dan sikap tentang gizi seimbang pada siswa kelas v di SDN 001 Samarinda Seberang.