Implementasi Pelatihan E-Learning Di SMP Muhammadiyah 1 Kota Malang

Implementasi Pelatihan Edmodo di SMP Muhammadiyah 1 Kota Malang

Authors

  • M Mansur Universitas Muhammadiyah Malang
  • Rose Fitria Lutfiana Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

DOI:

https://doi.org/10.30650/jp.v2i1.1280

Keywords:

e-learning, Teacher, Training

Abstract

Salah satu tantangan era revolusi industri 4.0 di bidang pendidikan sejalan dengan kompetensi profesional guru abad 21, yaitu terkait dengan kemampuan guru untuk bisa mengimplementasikan e-learningdalam proses belajar mengajar di Kelas.SMP Muhammadiyah 1 Kota Malang dipilih sebagai tempat pengabdian kepada masyarakat karena dalam pengimplementasian sistem pembelajaran dengan e-learningmasih terkendala pada sumber daya manusia (guru) yang belum memahami apa itu e-learning. Kegiatan pelatihan dan pendampingan ini dilakukan melalui empat tahapan yaitu focus group discussion (FGD), pelatihan, pendampingan dan monitoring evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini antara lain: hampir 78,2% guru yang mengikuti pelatihan dan pendampingan penggunaan e-learningtelah mampu mengguasai implementasi e-learningdalam proses belajar mengajar dan 65,2% guru yang mengikuti kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini telah mengimplementasikan e-learningpada pembelajaran semester ganjil 2019/2020.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-09-21