Pengaruh Stres Kerja Lingkungan Fisik terhadap Komitmen Karyawan pada Hypermart Kota Samarinda

  • Nurvani Turahma Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Vera Anitra
Keywords: Stres Kerja Lingkungan Fisik, Komitmen Karyawan

Abstract

Tujuan studi : Stres kerja merupakan perasaan yang tertekan dan dialami para karyawan dalam melaksanakan pekerjaan yang dipengaruhi oleh tanggapan masing-masing individu dan psikologi, yaitu konsekuensi dari setiap kegiatan dilingkungan kerja yang terbebani dengan tuntutan psikologi atau fisik yang berlebihan. Karena dalam menjalankan pekerjaannya, karyawan akan berinteraksi langsung dengan lingkungan kerja yang ada disetiap bagian perusahaannya. Salah satunya lingkungan fisik akan membawa semua hal yang terdapat di sekitar tempat seseorang bekerja, yang secara langsung maupun tidak langsung dapat mempengaruhi dalam melaksanakan pekerjaannya. Lingkungan fisik bisa berupa penerangan yang bagus, kantor yang bersih tidak terganggu akan kebisingan atau sirkulasi udara yang nyaman dan sejuk bagi karyawan. Lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif ini akan berpengaruh terhadap karyawan dalam melaksanakan tugasnya dengan cara bersamaan menurunkan tingkat stres dan komitmen karyawanpun selalu ada untuk perusahaan. Sebaliknya apabila lingkungan kerja tidak kondusif dan tidak baik maka akan berdampak buruk bagi perusahaan. Tujuannya untuk mendeskripsikan pengaruh stres kerja lingkungan fisik pada hypermart kota samarinda.

Metodologi : Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Populasi yang digunakan penelitian ini adalah seluruh karyawan hypermart kota samarinda. Sampel yang diambil 94 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik probability ramdom sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana.

Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa stres kerja lingkungan fisik berpengaruh positif terhadap komitmen karyawan pada hypermart kota samarinda ini terlihat dari hasil (Uji t) yaitu thitung = 3,027 > 1,662 menunjukkan bahwa stres kerja lingkungan fisik (X) berpengaruh positif signifikan terhadap komitmen karyawan (Y).

Manfaat : Dapat diterapkan sebagai contoh untuk menciptakan rangsangan yang dapat meningkatkan semangat kerja para karyawan sehingga dapat meningkatkan komitmen karyawan diperusahaan tersebut.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-13

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>