Pengaruh Religiusitas Terhadap Kinerja Karyawan: Studi pada Tenaga Kependidikan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

  • Hendi Prasetyo Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Vera Anitra
Keywords: Religiusitas, Kinerja Karyawan, Staf Kependidiakan

Abstract

Tujuan studi:Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh religiusitas terhadap kinerja karyawan pada staf pengajar Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Metodologi:Pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui formulir google from. Dengan variabel (X) religiusitas dan variabel (Y) kinerja karyawan. Dan yang dijadikan sampel objek penelitian sebanyak 60 responden  memakai teknik simple random sampling serta menggunakan analisis yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier sederhana, pengujian hipotesis dan uji parsial (uji t) dengan bantuan aplikasi SPSS versi 23.

Hasil:Pada hasil uji parsial (uji t) telah menunjukan nilai thitung sebesar 4.462 dengan signifikansi 0.000, dan mengonsumsi tingkat keyakinan 95% (α = 0.05). Rumus untuk menentukan nilai derajat independensi yakni df = n – k = 60 – 2 = 58 diperoleh nilai ttabel sebesar 2.001, maka 4.462 > 2.001 (α = 0.05) dikatakan bahwa thitung > t tabel maka mengerucut pada kesimpulan bahwa Ha diterima dikarenakan hasilnya adalah religiusitas berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja karyawan pada Tenaga Kependidikan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Koefisiensi determinasi (Adjusted R2) yaitu 0,243 berarti dapat dinyatakan variabel kinerja karyawan dipengaruhi oleh religiusitas sebesar 24,3% dan sisanya 75,7% dipengaruhi oleh variabel yang lain tidak termasuk pada penelitian ini serta diketahui hasil dari analisis regresi sederhana adalah Y = -8,454 + (2,029X).

Manfaat:Pada penelitian ini terdapat manfaat iaitu untuk mengetahui pengaruh religiusitas terhadap kinerja karyawanpada tenaga kependidikan Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, serta memberikan wawasan bagi peneliti selanjutnya agar diteliti kembali berkaitan dengan judul penelitian ini serta membantu pihak Universitas untuk dapat mengembangkansistem pada kinerja karyawannya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>