Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Lingkungan Kerja Non Fisik terhadap kinerja Karyawan UPBU Kelas I APT. Pranoto-Samarinda

Authors

  • Karmining Karmining Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Vera Anitra

Keywords:

Lingkungan Kerja Fisik, Lingkungan Kerja Non Fisik, Kinerja Karyawan

Abstract

Tujuan studi: Penelitian ini bertujuan untuk pemeriksaan dampak tempat kerja aktual dan tempat kerja non-aktual pada pelaksanaan pekerja UPBU Kelas I APT. Pranoto-Samarinda.

Metodologi: Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang didapat melalui google form. Dengan Variabel (X1) lingkungan kerja fisik, Variabel (X2) lingkungan kerja non fisik dan variabel (Y) Kinerja karyawan. Dan yang dijadikan sampel objek penelitian sebanyak 54 responden, dengan memakai Teknik purposive sampling serta menggunakan analisis yang meliputi Uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, Uji normalitas, pengujian hipotesis dan uji parsial (uji t), Uji F dan dengan Uji R Square. Di bantu dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 25.

Hasil: Hasil penelitian menunjukan secara parsial lingkungan fisik berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikan 0,000. Secara parsial pengaruh lingkungan non fisik berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan dengan nilai signifikan 0,002. Secara simultan lingkungan kerja fisik dan non fisik terhadap kinerja karyawan berpengaruh signifikan dengan nilai signifikan 0,000 pada UPBU Kelas I APT. Pranoto-Samarinda.

Manfaat: Pada penelitian ini terdapat manfaat yaitu untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik terhadap kinerja karyawan UPBU Kelas I APT. Pranoto-Samarinda, serta memberikan pengetahuan kepada analis masa depan agar mereka dapat memikirkan kembali terkait dengan judul pemeriksaan ini dan membantu pihak UPBU Kelas I APT. Pranoto-Samarinda untuk dapat mengembangkan dan lebih memperbaiki kondisi lingkungan kerja fisik dan lingkungan kerja non fisik yang ada disana.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-06

Most read articles by the same author(s)

> >>