Hubungan Spiritualitas di Tempat Kerja dengan Komitmen Organisasi Perawat di RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda

  • Indah Hairunnisa Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Maridi Marsan Dirdjo
Keywords: Spiritualitas di Tempat Kerja, Komitmen Organisasi, Perawat

Abstract

Latar belakang: Komitmen organisasi seseorang yang baik dapat dilihat dari perasaan suka seseorang terhadap organisasi tempatnya bekerja. Komitmen organisasi yang baik didalamnya terdapat spiritualitas yang baik, dimana spiritualitas memberikan nilai positif dalam kehidupan kerja.

Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan spiritualitas di tempat kerja dengan komitmen organisasi perawat di RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda. Penelitian ini dilaksanakan di RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda.

Metode: Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan desain deskriptif korelasi, peneliti menggunakan pendekatan cross sectional dan teknik pengambilan sampel yaitu stratified random sampling. Sampel penelitian adalah perawat di RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda sebanyak 92 orang. Pengumpulan data diperoleh melalui pengisian kuesioner oleh perawat.

Hasil penelitian: Skor spiritualitas di tempat kerja 67.13 memiliki persepsi yang baik, skor komitmen organisasi perawat 80,54 memilki persepsi yang baik. Hasil uji hipotesis diperoleh nilai p= 0,0003.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-07-27