Pengaruh Size Dan Kebijakan Hutang Terhadap Nilai Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI)

  • Ridhohatsi Gorindo Firmansyah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Azhar Latief
Keywords: size, debt to equity ratio, nilai perusahaan

Abstract

Tujuan penelitian: Tujuan dilakukan penelitian ini untuk menganalisa dan mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan antara variabel size dan kebijakanAhutang dengan nilaiAperusahaanAperbankanAyang terdaftarAdi Bursa Efek Indonesia (BEI).

Metode penelitian : Menguji dan menganalisis pengaruh size yang diukur dengan total aset, dan kebijakan hutang yang diukur dengan Debt to Equity Ratio terhadap nilai perusahaan yang diukur dengan Tobin’s Q. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. 64 populasi digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan yang masuk dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) 2016-2017 .60 sampel (30 perusahaan × 2 tahun periode pengamatan) dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan software IBM SPSS Statistic v.22.0.Analisis data yang digunakan adalah regresi berganda untuk mengidentifikasi pengaruh variabel dependen terhadap variabel independen terhadap nilai perusahaan.

Hasil penelitian: Uji t menunjukkan bahwa variabel size berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dan variabel DER tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Manfaat : Penelitian ini dapat diterapkan menjadi bahan referensi Perusahaan dalam menyusun kebijakan yang lebih baik untuk digunakan dimasa depan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>