Pengaruh Profitabilitas dan Price Earning Ratio Terhadap Nilai Perusahaan Sektor Petambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2018

Authors

  • Risma Dwi Sandra Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Azhar Latief Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

Keywords:

Profitabilitas, Price Earning Ratio, Nilai Perusahaan

Abstract

Tujuan studi: Studi yg didesain agar mengetahui efek profitabilitas dan  rasio P / E terhadap nilai parsial atau simultan perusahaan pertambangan yg terdaftar di BEI.

Metodologi: Berasal dari rentang tahun 2016 sampai 2018. Jenis penelitian yang dipergunakan merupakan penelitian kuantitatif dan  naratif. Populasi penelitian adalah 22 perusahaan tambang yg terdata pada BEI. Teknik pemilihan sampel yg digunakan adalah purposive sampling, serta diperoleh sebesar 11 perusahaan industri pertambangan yang terpilih. Kemudian teknik analisis data yaitu uji analisis regresi uji asumsi klasik, dan uji model yang terdiri dari analisis koefisien determinasi, uji koefisien korelasi, uji simultan (uji F), uji partial (uji t) dengan menggukan software SPSS 23.0.

Hasil: Menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif signifikan kepada nilai perusahaan, sedangkan price earning ratio  berdampak positif serta tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Kedua variabel tadi secara simultan berpengaruh pada nilai perusahaan. asal akibat penelitian kedua variabel tersebut terlihat bahwa profitabilitas adalah variabel terpenting yg mempengaruhi nilai suatu perusahaan, sedangkan price earning ratio adalah variabel yang tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.

Manfaat: Penelitian ini menjadi bahan pertimbangan investor saat mengambil keputusan, dan juga menjadi perbandingan penelitian bagi peneliti selanjutnya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-08-31

Most read articles by the same author(s)

> >>