Pengaruh Kualitas Aset dan Rentabilitas Terhadap Rasio Kecukupan Modal pada Bank BUMN yang Go Public

  • Zamaliah Lia Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Azhar Latief
Keywords: Non Performing Loan, Return On Asset, Capital Adequacy Ratio

Abstract

Tujuan studi: Studi dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh kualitas aset dan rentabilitas terhadap rasio kecukupan modal pada Bank BUMN yang Go public secara parsial dan simultan dengan periode yang digunakan selama 10 tahun.

Metodologi: Jenis data yang digunakan menggunakan data kuantitatif, untuk pengambilan sampel memakai purposive sampling dengan teknik pengumpulan data menggunakan data sekunder diperoleh dari annual report Bank BUMN. Dan sampel yang diteliti sebanyak 40 data, memakai teknik analisis data regresi linear berganda dan diolah menggunakan software IBM SPSS 23.

Hasil: Berdasarkan hasil analisis data, secara uji parsial variabel Non-Performing Loan dan Return On Asset tidak berpengaruh signifikan terhadap Capital Adequacy Ratio dan secara uji simultan Non Performing Loan dan Return On Asset tidak berpengaruh signifikan terhadap Capital Adequacy Ratio.

Manfaat: Untuk menambah ilmu pengetahuan bagi penulis sehingga dapat digunakan untuk mengaplikasikan rasio keuangan khususnya pada perbankan serta dapat memberikan masukan bagi perusahaan untuk memperhatikan hal-hal yang mempengaruhi rasio kecukupan modal yang diperoleh perusahaan melalui rasio kecukupan modal dan rasio likuiditas dan dapat memberikan ilmu pengetahuan bagi pembaca guna untuk memperluas wawasan tentang rasio keuangan modal

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>