Hubungan antara Dukungan Instrumental Keluarga dengan Penerimaan Keluarga terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di RSJD ATMA Husada Mahakam Samarinda

  • Akmad Safrudin universitas Muhammadiyah kalimantan timur
  • Dwi Rahmah Fitriani
Keywords: dukungan instrumental keluarga, penerimaan keluarga, ODGJ

Abstract

Tujuan Studi: Mengetahui hubungan antaradukungan instrumental keluargadengan penerimaan keluarga terhadap ODGJ di RSJD Atma Husada Mahakam Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini merupakan korelasi deskriptif melalui cross sectional. Sampel metode purposive random sampling, sampel yaitu 71 responden.Data dikumpulkan dengan angket penelitian.Pengolahan analisa data menggunakan analisa univariat dengan distribusi frekuensi dan analisa bivariat dengan uji statistic Chi Square dengan taraf signifikan α 0,05dan CI 95 %.

Hasil : Dari 71 responden sebagian besar memiliki dukungan instrumental keluarga baik sebanyak 39 orang (54,9%) dan kurang sebanyak 32 orang (45,1%).Penerimaan Keluarga Sebagian besar penerimaan keluarga baik sebanyak 38 orang (53,5%) dan kurang sebanyak 33 orang (46,5%). P value didapatkan 0,001 (<0,05)  yang berarti ada hubungan antara dukungan instrumental keluarga dengan penerimaan keluarga.

Manfaat: Keluarga lebih bisa menerima anggota keluarga dengan gangguan jiwa dengan mengikut sertakan dalam setiap kegiatan keluarga

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-31

Most read articles by the same author(s)