Hubungan Antara Kemampuan Kemandirian Activity Of Daily Living (ADL) Dengan Tingkat Depresi Pada Lansia: Literature Review

  • Nur Hamidah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Dwi Rahmah Fitriani Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Lansia, Depresi, Activity of daily living

Abstract

Tujuan studi: Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan kemandirian activity of daily living (adl) dengan tingkat depresi pada lansia.

Metodologi: Angka harapan hidup lansia di Indonesia semakin tahun semakin tinggi, lansia mengalami berbagai permasalahan dalam kesehatannya yang berkaitan dengan proses penuaan baik fisik maupun mentalnya. Activity of Daily Living (ADL) kemampuan kemandirian dalam melakukan aktivitas sehari-hari, pada lansia biasanya akan terjadi permasalah dalam melakukan hal ini yang mengakibatkan lansia akan ketergantungan dan menganggap dirinya tidak berguna hingga muncul depresi. Depresi merupakan suatu bentuk kelainan perasaan yang berarah ke gangguan mood yang negatif sehingga dapat mempengaruhi aktivitas dan pribadi orang.

Hasil: Berdasarkan hasil penelitian menggunakan systematic literature review dengan mengumpulkan data pustaka yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eklusi. Perempuan cenderung memiliki tingkat ketergantungan dan tingkat depresi pada lansia, tempat tinggal juga dapat mempengaruhi tingkat ketegantungan dan depresi pada lansia. Semakin tinggi tingkat ketergantungan seorang lansia akan semakin tinggi juga depresi yang di derita oleh lansia.

Manfaat: hasil penelitian ini diharapkan mampu menjadi bahan perbandingan serta menjadi data yang dapat dijadikan sebagai sumber acuan dalam proses penelitian selanjutnya, hasil riset ini bisa digunakan sebagai masukan serta pengetahuan untuk keluarga dalam merawat lansia khususnya dalam Activity of Daily Living (ADL) serta depresi pada lansia, dan dapat menambah pengetahuan bagi profesi keperawatan dan manjadi sumber pengetahuan bagi mahasiswa sehingga menjadi sumber informasi dan sumber pembelajaran

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-29