Hubungan Dukungan Sosial dengan Mekanisme Koping Keluarga dalam Menghadapi Pasien Agresif: Literature Review

  • Nahdiyaty Nur Rahmi Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Dwi Rahmah Fitriani
Keywords: Dukungan sosial, Mekanisme Koping, Keluarga Pasien Agresif

Abstract

Tujuan studi: Mengetahui hubungan dukungan sosial dengan mekanisme koping keluarga dalam menghadapi pasien agresif.

Metodologi: Penelitian ini adalah penelitian traditional literature review. Data yang digunakan berupa artikel nasional dan internasional. Data dianalisis dengan proses: compare, contrast, criticize, synthesize dan summarize.

Hasil: Dari 16 artikel, didapatkan hasil yaitu keluarga yang merawat dan mendampingi pasien merupakan orang terdekat dari usia remaja hingga lansia. Mereka kebanyakan wanita dengan tingkat pendidikan SMA. Dukungan sosial yang dirasakan oleh keluarga berbeda-beda, hal ini dipengaruhi oleh faktor pemberi dan penerima dukungan sosial, yaitu daerah tempat tinggal. Saat merawat, keluarga cenderung menggunakan strategi koping berfokus pada emosi. Koping yang tampil pada keluarga merupakan koping yang dominan, tergantung dari masalah yang dihadapi saat itu. Dukungan sosial memiliki peran penting terhadap penggunaan strategi koping. Oleh karena itu dukungan sosial memiliki hubungan dengan mekanisme koping.

Manfaat: Sebagai masukan untuk institusi pendidikan saat pembelajaran keperawatan jiwa tentang kegawatdaruratan psikiatri khususnya agresif, menambah referensi perpustakaan dan penelitian serta menjadi masukan edukasi untuk rumah sakit jiwa mengenai hubungan dukungan sosial dengan mekanisme koping keluarga menghadapi pasien agresif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-27

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>