Hubungan Monitoring Parental dengan Inisiasi Seks Pranikah pada Remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda

  • Anggy Dwi Kartika Apriliasari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Yuliani Winarti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Mentoring parenatal, Seks pranikah, Remaja

Abstract

Tujuan studi: Inisiasi seks pranikah adalah awal mula atau niat seseorang untuk melakukan seks pranikah dan masalah ini dianggap umum oleh masyarakat tetapi kasus ini meningkat setiap tahun. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan monitoring parental dengan inisiasi seks pranikah pada remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan monitoring parental dengan inisiasi seks pranikah pada remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda.

Metodologi: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Cross Sectional dengan jumlah sampel 76 responden yang diambil menggunakan teknik Stratified Random Sampling. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan kuesioner online berupa Google Formulir.

Hasil: Setelah dilakukan uji Chi-square mendapatkan p-value sebesar 1,000 nilai tersebut lebih besar dari taraf signifikan α = 0,05. Sehingga penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan monitoring parental dengan inisiasi seks pranikah pada remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda.

Manfaat: Menambahkan wawasan bagi orang tua untuk lebih menjaga hubungan dan komunikasi dengan anak untuk menekan angka seks pranikah pada remaja dan menjadi bahan referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24
Section
Kesehatan Masyarakat