Hubungan Sikap terhadap Perilaku Seks Bebas pada Remaja SMP Negeri 4 Samarinda

  • Khadijah Khadijah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Yuliani winarti umkt
Keywords: Sikap, Perilaku seks bebas

Abstract

Tujuan studi : Perilaku seks bebas pada remaja dari tahun ke tahun semakin meningkat. Menurut Komnas Perlindungan Anak (KPAI) dan Kementrian Kesehatan tahun 2018 menyatakan bahwa hasil survei ada 62,7% remaja Indonesia pernah melakukan hubungan seks bebas.Untuk mengetahui hubungan sikap terhadap perilaku seks bebas pada remaja di SMP Negeri 4Samarinda.

Metodologi : Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yang dilakukan kepada siswa/i SMP Negeri 4 Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode Cross Sectional dimana variabel dependen dan variabel independen diukur dalam satu waktu yang sama atau saat bersamaan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis bivariat dengan uji statistik yaitu uji Chi Square dengan derajat kepercayaan 95% (α = 0,05).

Hasil : Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara sikap terhadap perilaku seksual pada remaja di SMP Negeri 4 Samarinda dengan nilai p-value = 0.824 > 0.05.

Manfaat : Diharapkan untuk pihak sekolah memberikan ekstrakulikuler agar dapat menghabiskan waktu luang dengan melakukan hal yang positif dan bermanfaat sehingga terbentuk sikap yang baik

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-25
Section
Kesehatan Masyarakat