Hubungan Religiusitas Dengan Perilaku Seks Pranikah Berisiko Kehamilan Tidak Diinginkan Pada Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

  • Winda Nur Indah Sari Kesehatan Masyarakat
  • Yuliani Winarti
Keywords: Religiusitas, Seks Pranikah berisiko,Kehamilan tidak diinginkan (KTD)

Abstract

Tujuan studi : Untuk mengetahui hubungan religiusitas dengan perilaku seks pranikah berisiko kehamilan tidak diinginkan (KTD) pada Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Metodologi: Metode Penelitian ini menggunakan desain cross sectioanl dengan jumlah 90 responden Semester VI dan data diperoleh menggunakan uji chi-square.

Hasil: Didapatkan hasil terdapat Religiusitas dengan Seks Pranikah Berisiko Kehamilan Tidak Diinginkan pada Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Manfaat: Mahasiswa mengetahui religius dapat menambah wawasan keimanan dalam menolak perilaku seksual Berisiko Kehamilan tidak diinginkan, Mahasiswa mengetahui memahami perilaku seksual berisiko kehamilan tidak diinginkan serta Mahasiswa dapat mencegah terjadi nya perilaku seksual yang berisiko kehamilan tidak diinginkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yuliani Winarti

Abstrak

Tujuan studi: Tujuan penelitian ini adalah mencari hubungan religiusitas dan perilaku seks pranikah berisiko kehamilan tidak diinginkan (KTD) pada Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Metodologi: Metode Penelitian ini menggunakan desain cross sectioanl dengan jumlah 90 responden Semester VI dan data diperoleh menggunakan uji chi-square.

Hasil: Didapatkan hasil terdapat Religiusitas dengan Seks Pranikah Berisiko Kehamilan Tidak Diinginkan pada Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Manfaat: Mahasiswa mengetahui religius dapat menambah wawasan keimanan dalam menolak perilaku seksual Berisiko Kehamilan tidak diinginkan, Mahasiswa mengetahui memahami perilaku seksual berisiko kehamilan tidak diinginkan serta Mahasiswa dapat mencegah terjadi nya  kejadian seksual pranikah yang menyebabkan terjadinya kehamilan di luar pernikahan.

Published
2021-04-27
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>