Hubungan Perilaku Seks Teman Sebaya dengan Inisiasi Seks Pranikah pada Remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda

  • Albi Reza Putrayudha Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Yuliani Winarti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Perilaku seks, Teman sebaya, Seks pranikah, Remaja

Abstract

Tujuan studi: Perilaku seks pranikah pada remaja masih merupakan masalah kesehatan yang cukup tinggi di Indonesia, khususnya di Kota Samarinda berdasarkan data Komisi Penanggulangan AIDS tahun 2019 terdapat 159 kasus seks pranikah hingga penyakit HIV/AIDS. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan perilaku seks teman sebaya dengan inisiasi seks pranikah pada remaja di SMK Istiqomah Muhammadiyah 4 Samarinda.

Metodologi: Desain penelitian ini memenggunakan penelitian kuantitatif dengan metode cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 76 responden dari 364 responden yang dipilih menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner hubungan perilaku seks teman sebaya dengan inisiasi seks pranikah dengan menggunakan uji statistik Chi Square. Instrument dalam penelitian ini menggunakan kuesioner elektronik yaitu Google Formulir.

Hasil: Hasil analisis bivariat menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku seks teman sebaya dengan inisias seks pranikah dengan diperoleh nilai p-value yaitu 1.000 dimana nilai tersebut lebih besar dari taraf signifikan α yaitu 0.05.

Manfaat: Menambahkan pengetahuan tentang pendidikan seks kepada anak untuk mencegah remaja melakukan seks pranikah serta menekan angka seks pranikah pada remaja di Indonesia khususnya Kota Samarinda dan dapat menjadi bahan referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24
Section
Kesehatan Masyarakat

Most read articles by the same author(s)