Hubungan Sikap dengan Perilaku Seks Pranikah Berisiko Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) pada Mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur

  • Agustiana Auliyah Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
  • Yuliani Winarti Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur
Keywords: Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD), Mahasiswa, Perilaku seks pranikah, Sikap

Abstract

Tujuan studi : Mengetahui Hubungan Sikap dengan Perilaku Seks Pranikah Berisiko Kehamilan Tidak Diinginkan (KTD) Pada Mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur.

Metodologi : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Cross Sectional. Jumlah sampel penelitian sebanyak 90 responden yang dipilih secara Probability Sampling dengan jenis Stratified Random Sampling dengan total populasi sebanyak 117 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online (google form) dengan uji statistik menggunakan uji Chi Square.

Hasil : Terdapat hubungan sikap dengan perilaku seks pranikah berisiko kehamilan tidak diinginkan pada mahasiswa Prodi S1 Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur dengan nilai p-value (0.003) < α (0.05).

Manfaat : Penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan terkait dampak dan bahanya perilaku seks pranikah agar tidak terjadinya perilaku yang menyimpang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-24
Section
Kesehatan Masyarakat